Capaian Pembelajaran

Aspek Pengetahuan

  • Menguasai teori-teori pendidikan, metode penelitian pendidikan dengan berbagai pendekatan;
  • Menguasai hakekat, kebermaknaan dan wawasan pendidikan ekonomi pada berbagai jalur dan jenjang pendidikan;
  • Menguasai teori dan konsep tentang pengembangan dan analisis kurikulum, serta analisis dan evaluasi praktek pendidikan ekonomi;
  • Menguasai teori dan konsep tentang pendekatan, strategi, dan teknik pengembangan, serta rancangan inovatif pembelajaran ekonomi; dan
  • Menguasai teori dan konsep keilmuan ekonomi dan wawasan tentang perekonomian Indonesia.

Aspek Sikap

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia
  • Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain
  • Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

Aspek Keterampilan

  • Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam pendidikan ekonomi melalui penelitian ilmiah, dan penyusunan konsepsi ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, serta memublikasikannya dalam jurnal dan/atau presentasi ilmiah tingkat nasional maupun internasional;
  • Mampu melakukan validasi akademik atau kajian pendidikan ekonomi dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  • Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengomunikasikannya melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  • Mampu mengidentifikasi masalah dalam pendidikan ekonomi, sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  • Mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah dalam pendidikan ekonomiyang bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran ekonomi di berbagai jalur dan jenjang pendidikan berbasis ekonomi kerakyatan;
  • Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam dan di luar lembaga, komunitas penelitian, dan organisasi profesi pendidikan ekonomi;
  • Mampu meningkatkan kapasitas melalui pembelajaran mandiri; dan
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.